Senin, 07 Januari 2013

Bross Rajut Bunga Mawar


Sewaktu saya googling free pattern, beberapa pola menarik tentang rose atau bunga mawar menarik saya. Berhubung sisa peniti bross dalam ukuran kecil dan besar masih setia mengisi kotak rajut saya, saya jadi punya ide untuk membuat beberapa bross rajut bunga mawar. Kebetulan, saya mendapatkan pola dalam bahasa Inggrisnya  disini.

Bagi yang berminat untuk membuatnya, saya sudah menerjemahkan polanya dalam bentuk bahasa Indonesia, silahkan disimak :

Istilah:
CH : Chain, tusuk rantai
SC : Single Crochet, tusuk tunggal
DC : Double Crochet, tusuk ganda
SK : Skip, lompat
SP(s) : Space

Bahan & Alat:
Benang katun berbagai warna, dan jarum hakken sesuai ukuran benang.

Pola Bunga Mawar Besar :
Mulai dengan CH 57
Baris 1 : (dc, ch 2, dc) di ch ke enam dari jarum hakken (sk 5 dari jarum hakken), *ch 2, sk 2 ch, (dc, ch 2, dc)*, ulangi langkah * ke *, total 36 sps. Balik.
Baris 2 : ch 3, 5 dc di sp pertama, *sc 1, sk 1 sp, dc 6* ulangi langkah * ke * sebanyak 5 kali. (sc 1, sk 1 sp, dc 9) ulangi 5 kali, (sc 1, sk 1 sp, dc 12) sebanyak 7 kali. Total 18 sps terisi dc, 18 sp yang di sk. Matikan benang.

Pola untuk Bunga Mawar Sedang :
Baris 1 : (dc, ch 2, dc) di ch ke enam dari jarum hakken (sk 5 dari jarum hakken), *ch 2, sk 2 ch, (dc, ch 2, dc)*, ulangi langkah * ke *, total 22 sps. Balik.
Baris 2 : ch 3, 5 dc di sp pertama, *sc 1, sk 1 sp, dc 6* ulangi langkah * ke * sebanyak 5 kali. (sc 1, sk 1 sp, dc 9) ulangi 5 kali. Total 11 sps terisi dc, 11 sp yang di sk. Matikan benang.

Finishing :
Untuk hasil akhir, setelah benang dimatikan, bagian pola dapat dijahit untuk menyatukan kelopak demi kelopak kemudian dipasang dengan menggunakan peniti. Silahkan berkreasi untuk penyelesaian akhirnya.





all pic by Noriez


Selamat mencoba :)

1 komentar: